Home > Aksi Nyata
Home > Aksi Nyata
Sinjai, 07 Juni 2024
Sumber : Dok. Pribadi
Tolak Ukur
Terciptanya suasana pembelajaran yang berpihak ada murid dengan nyaman dan menyenangkan
Terlaksananya keyakinan kelas
Tumbuhnya nilai-nilai kebajikan pada murid sebagai bekal dalam mencapai kebahagian
Menyelesaikan setiap permasalahan murid yang terjadi disekolah dengan metode restitusi
Ada pun materi yang disampikan adalah :
Bagaiman paradigma baru Pembelajaran Kurikulum merdeka
Disiplin Positif
Memahami kebutuhan dasar manusia
Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan
Keyakinan Sekolah
Restitusi
Sumber : Dok. Pribadi
Tangguru.my.id - Tugas Calon Guru penggerak dalam menyebarkan dan berbagi pemahaman dan penerapan disiplin positif dilingkungan sekolah dan diluar sekolah yang diharapkan dapat menunjang pembelajaran yang berpihak pada murid. dan menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, aman dan menyenangkan.
Latar Belakang
Disiplin Positif adalah unsur utama dalam terwujudnya budaya Positif disekolah, dengang demikian kita sebagai guru memiliki peran penting dalam mewujudkan budaya positif di sekolah. Budaya positif adalah Nilai-nilai atau kebiasaan-kebiasaan disekolah yang berihak pada peserta didik aga mereka dapat berkembang menjadi pribadi yang kritis, penuh hormat dan bertanggung jawab. Budaya positif dapat terwujud dengan menerapkan disiplin positif, keyakinan kelas dan menangani masalah/pelanggaran dengan Restitusi
Tujuan Diseminasi yang dilakukan di UPTD SMPN 37 Sinjai adalah :
Memberikan Informasi tentang budaya positif kepada Guru dan murid sebagai bahan pelajaran dalam menerapkan budaya positif disekolah dan diluar sekolah
Bersama guru dan murid menerapkan budaya positif disekolah untuk menciptakan iklim pembelajarn yang nyaman, aman dan menyenangkan
Sumber : Dok. Pribadi
Menerapkan Restitusi
Restitusi adalah proses menciptakan kondisi bagi murid untuk memperbaiki kesalahan mereka, sehingga mereka bisa kembali pada kelompok mereka, dengan karakter yang lebih kuat. Restitusi juga merupakan proses kolaboratif yang mengajarkan murid untuk mencari solusi untuk masalah mereka, dan membantu murid berpikir tentang orang seperti apa yang mereka ingin menjadi (tujuan mulia), dan bagaimana mereka harus memperlakukan orang lain (Gossen; 2004)
Langkah- Langkah Restitusi
Menstabilkan Identitas
Langkah awal yang perlu dilakukan pada segitiga restitusi adalah menstabilkan identitas. Saat anak berbuat salah, artinya ada kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi bagi mereka. Langkah ini bertujuan untuk mengubah orang yang gagal karena berbuat kesalahan menjadi orang sukses.
Saat dalam kondisi emosional, otak tidak akan mampu berpikir rasional. Pada tahap inilah guru berupaya menstabilkan identitas anak, sehingga bisa lebih tenang dalam mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan.
Menvalidasi Tindakan salah
Langkah kedua yang perlu dilakukan yakni memvalidasi tindakan yang salah. Guru berupaya memahami kebutuhan dasar yang melatarbelakangi anak berbuat kesalahan. Mengacu pada Teori Kontrol, segala tindakan manusia pasti mempunyai maksud atau tujuan tertentu, entah itu baik atau buruk.
Saat tidak mengakui anak berbuat salah, maka dia akan tetap dalam masalah. Hal yang diperlukan adalah memahami alasannya melakukan kesalahan tersebut agar anak merasa dipahami.
Menvalidasi Tindakan salah
Langkah ketiga restitusi yaitu menanyakan keyakinan. Teori kontrol berpendapat bahwa manusia termotivasi secara internal. Saat langkah 1 dan langkah 2 sukses dilakukan, anak akan siap dihubungkan dengan nilai-nilai yang ia percaya. Kemudian, ia berpindah menjadi orang yang dia inginkan.
Guru perlu menanyakan tentang kehidupan ke depan yang anak inginkan. Saat mereka sudah menemukan gambarannya, guru perlu membantu mereka untuk fokus pada masa depan idealnya tersebut.
Share This :
Tangguru.my.id - Pelatihan Mandiri Topik Pendidikan katerampilan hidup (PKH) kemitraan dengan UNICEF Aksi. Aksi nyata ini dilakukan dengan cara menyampaikan topik PKH sebagai aplikasi dalam mata ajar dikelas. dengan tujuan peserta didik mendapatkan pemahaman terkait keterampilan hidup. Aksi nyata ini bisa dikerjakan dengan mengunakan aplikasi canva, aplikasi ini menyediakan template yang sangat banyak dan bervariasi berikut ini contoh aksi nyata dengan menggunakan aplikasi canva pada link berikut ; ▶️Klik Disini atau ➡️Di Sini
Share This :
Tangguru.my.id - Pelatihan Mandiri Tahap Perkembangan peserta didik Fase D (12-15 Tahun) dengan aksi nyata merancang pembelajaran Fase D Usia 12-15 Tahun. yang diharapkan dapat bermakna dan bermafaat pada peserta didik khusunya pada FASE D (Tingkat SMP). Bagi teman-teman guru yang ingin membuat/ menyelesaikan laporan Aksi nyata ini bisa Mengerjakan dengan mengunakan aplikasi canva, aplikasi ini menyediakan template yang sangat banyak dan bervariasi berikut ini contoh aksi nyata dengan menggunakan aplikasi canva pada link berikut ; ▶️Klik Disini atau ➡️Di Sini
Share This :
sumber : Channel Youtube Tangguru76
Tangguru.my.id - Pelatihan Mandiri pada topik Tool Online Merupakan salah satu aksi nyata yang baik untuk kreatifitas guru dalam memanfaatkan tekhnologi aplikasi, yang bisa berdampak baik bagi peserta didik. Bagi teman-teman guru yang ingin membuat/ menyelesaikan laporan Aksi nyata ini bisa Mengerjakan dengan mengunakan aplikasi canva, aplikasi ini menyediakan template yang sangat banyak dan bervariasi berikut ini contoh aksi nyata dengan menggunakan aplikasi canva pada link berikut ; ▶️Klik Disini atau ➡️Di Sini
Share This :
sumber : Materi Pelatihan mandiri Platform Merdeka Mengajar
Tangguru.my.id - Pelatihan Mandiri pada topik Mengenal kurikulum operasional sekolah. merupakan toipik yang wajib diketahui oleh semua pendidik dan tenaga kependidikan, karna kurikulum operasional sekolah menjadi acuan sekolah dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Bagi teman-teman guru yang ingin menyelesaikan laporan Aksi nyata ini bisa Mengerjakan dengan mengunakan aplikasi canva, aplikasi ini menyediakan template yang sangat banyak dan bervariasi berikut ini contoh aksi nyata dengan menggunakan aplikasi canva pada link berikut ; ▶️Klik Disini
Share This :
sumber : Materi Pelatihan mandiri Platform Merdeka Mengajar
Tangguru.my.id - Pelatihan Mandiri pada topik Gizi Remaja SMP (kemitraan dengan UNICEF) merupakan salah satu topik pelatihan yang ada di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Bagi teman-teman guru yang ingin menyelesaikan laporan Aksi nyata ini bisa Mengerjakan dengan mengunakan aplikasi canva, aplikasi ini menyediakan template yang sangat banyak dan bervariasi berikut ini contoh aksi nyata dengan menggunakan aplikasi canva pada link berikut ; ▶️Klik Disini
Share This :